Bahan Rujukan

Pengertian, Manfaat, dan Jenis Bahan Rujukan

  • Pengertian Bahan Rujukan Umum

Bagi para pengguna perpustakaan, koleksi bahan rujukan merupakan koleksi yang terdiri atas buku-buku atau bahan pustaka lainnya, yang memuat informasi hal tertentu. Koleksi tersebut digunakan sebagai rujukan atau acuan dalam hal member jawaban terhadap pertanyaan yang mereka hadapi.

Sri Marnodi menguraikan bahwa bahan rujukan adalah sumber-sumber dasar yang bisa dipakai untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan rujukan.

American Library Association Glossary of Library Terms mengemukakan dua definisi untuk bahan rujukan, yaitu: a). sebuah buku yang disusun diolah sedemikian rupa untuk digunakan sebagai sumber informasi tertentu yang tidak dibaca secara keseluruhan. b). Sebuah buku yang pengguanaannya terbatas dalam gedung perpustakaan.

William A. Katz, seorang pakar ilmu perpustakaan di Amerika Serikat berpendapat, bahwa sesungguhnya tidak ada batasan yang benar-benar memuaskan mengenai bahan rujukan. Bahkan dia menambahkan bahwa setidaknya dibeberapa perpustakaan di Amerika Serikat, banyak buku rujukan yang boleh dipinjamkan keluar perpustakaan.

Irawati Singarimbun menambahkan bahwa fakta-fakta dlam buku rujukan dikumpulkan dari berbagai sumber susunan khusus sehingga dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Ia pun mengelompokkan bahan rujukan menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Jenis bahan rujukan yang memberikan informasi langsung, dan
  2. Jenis yang memberikan petunjuk kepada suatau sumber informasi.

Jenis bahan rujukan yang memberikan informasi langsung, misalnya: kamus, ensiklopedi, direktori, sumber biografi atau peta, buku statistik. Sedangkan untuk jenis bahan rujukan kedua yaitu meberikan petunjuk kepada sumber informasin meliputi catalog, bibliografi, indeks, dan abstrak.

Dari berbagai definisi dan pendapat yang diuraikan diatas, dapat kita simpulkan bahwa koleksi rujukan adalah koleksi bahan pustaka atau contok-contoh bahan, baik yang dimiliki oleh perpustakaan maupun yang berada di luar perpustakaan, yang terdiri atas berbagai bentuk dan digunakan sebagai bahan untuk mendapatkan informasi tertentu.

  • Manfaat Koleksi Rujukan Umum

Manfaat yang diperoleh dengan menggunakan koleksi rujukan, antara lain:

  1. Memberikan keternagan atau penjelasan langsung dan mendasar tentang suatu hal yang ingin diketahui.
  2. Pembendaharaan kata yang dimiliki bertambah.
  3. Dapat mengetahui seluk-beluk serta keadaan suatu Negara atau tempat-tempat lain di dunia ini bahkan mengenai tempat yang belum pernah kita kunjungu.
  4. Dapat mengetahui riwayat hidup tokoh-tokoh terkemuka dan terkenal di dunia.
  5. Keterampilan meningkat dalam hal kemampuan menggunakan bahan rujukan sebagai sumber informasi dasar.
  6. Koleksi rujukan dapat dipakai untuk menunjang penelitian yang sedang dilaksanakan.
  7. Lokasi daerah terpencil atau pulau yang kurang terkenal dapat dengan mudah diketahui.
  8. Bagi petugas pperpustakaan, bahan rujukan merupakan saran yang penting dalam membantu pengguna jika mereka mememrluka informasi.
  • Jenis-Jenis Bahan Rujukan

Pengelompokan bahan rujukan umum ialah sebagai berkut:

  1. Jenis bahan rujukan yang memeuat informasi mengenai kata dan istilah.
  2. Jenis bahan rujukan yang memuat informasi mengenai sumber kepustakaan (literatur).
  3. Jenis bahan rujukan lainnya, seperti: buku petunjuk/buku pegangan, buku biografi, sumber geografi dan direktori, statistika, buku tahunan, terbitan pemerintah dan badan-badan internasional, serta terbitan lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s