Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan? Why Not?

Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan? Why Not? Gak ada yang salahkan? Menurutku ini amazing, karena apa? Kata orang kuliah di jurusan ini sesuatu yang langka, jarang anak-anak yang mau ambil jurusan ini. Dulu aku sempat ogah masuk kuliah di jurusan ini, tapi setelah dipikir-pikir prospek kedepan kelihatannya bagus jadi aku mau ambil bagian untuk menjadi mahasiswa dijurusan ini.

Ambil jurusan ini ternyata gak segampang yang di bayangin orang, ‘ngapain kuliah di jurusan ‘perpustakaan’, kuliah kok di jurusan yang nyusun-nyusun buku’. Wah presepsi yang kayak gini ini yang perlu di ‘benerin’, Kenapa? Karena setelah ku jalanin kuliah dijurusan ini, ternyata gak hanya sekedar ‘nyusun-nyusun buku‘. Banyak hal juga yang dipelajari, mulai dari Pengantar Ilmu Komunikasi, Kerjasama & Jaringan Perpustakaan, Pelayanan Bahan Pustaka, Pendidikan Kewarganegaraan, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Pengembangan Koleksi, Pengolahan Bahan Koleksi, Bahasa Indonesia, dll *masih banyak mata kuliah lainnya tapi masih 8 mata kuliah yang ku jalani ‘karena masih semester 1’ hehee🙂.

Beberapa waktu yang lalu aku sempat di-introgasi oleh ‘Pakde dan Bude’.
Pakde: Kamu gak kuliahkah?
Aku: Lagi liburan pakde.
Bude: Kuliahnya ‘nyusun-nyusun’ buku itu loh pak. (ngomong ke pakde dengan muka sinis).
Pakde: Kamu kuliah jurusan apa sih Ndhy? Kenapa gak di pendidikan aja, kayak masmu. *NB: masku jurusan PGSD*
Aku: Jurusan Ilmu Perpustakaan De. Aku gak minat De, kalo jurusan kayak mas Jurusan PGSD lagi.
Pakde: Kenapa gak mau? Kan enak daripada apa itu perpustakaan.
Aku: Aih, malas aku pakde kalo PGSD itu. Ngajar anak SD, gak suka aku.
Pakde: Kan bisa ambil kuliah yang kayak bahasa indonesia, kok kayak gak ada jurusan lain ajja kamu itu ambil perpustakaan, cuma nyusun-nyusun buku begitu.
Aku: *pakde ini mulai kepo deh* Kalo kuliah dijurusan itu sih bisa kapan-kapan aja pakde, sekarang jalanin dulu yang di Perpus ini, kalo jurusan lainnya ntaran ajja gaada kata terlambat.

Dan setelah percakapan terakhir itu aku kabur,😀. Males di kepo-in mulu tentang kuliahku.😀😀

Jujur, aku gak suka kalo ada yang bilang ‘kok kayak gak ada jurusan lain ajja kamu itu ambil perpustakaan, cuma nyusun-nyusun buku begitu‘. Wah itu anggapan yang bener-bener meremehkan jurusan Ilmu Perpustakaan *menurutku*. Banyak hal yang dipelajari di fakultas ini (seperti yang ku sebutkan diatas),  gak banyak orang yang tau tentang itu. Karena kuliah dijurusan Ilmu Perpustakaan, langka untuk saat ini. Walaupun kata orang ‘nyusun-nyusun buku’ doang, tapi itu semuanya ada ilmunya. Bagaimana kita harus mengklasifikasikan buku-buku itu berdasarkan Subjek judul buku, dan kriteria-kriteria lainnya. Bagaimana kita harus menjalin kerjasama antar perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan bahan pustaka yang tidak tersedia di perpustakaan yang saat ini dikelola. Dan banyak lagi ilmu yang dipelajari untuk itu bukan hanya ‘nyusun-nyusun buku’ semaunya sendiri.

Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan? Why Not? Ini mengasyikkan menurutku, *walaupun kadang aku lemes kalo lagi kuliah*😀. ‘Mengasyikkan dari segi apa Nind?‘ Mengasyikkan dari segi bisa menambah wawasan, karena tiap hari dikelilingi oleh ratusan bahkan ribuan buku tiap hari. Tapi itu berlaku untuk mereka yang suka menjelajah ilmu lewat buku, kalo yang gak suka, beda lagi ceritanya.😀

Untuk Prospek kedepannya sih, ‘kelihatannya’ akan lebih baik. Kenapa? Seperti yang ku dengar sih, akan ada ‘perhatian khusus’ untuk mereka-mereka yang berada dijurusan ini dibandingkan mereka yang dari jurusan lain. Itu mungkin disebabkan sedikitnya jumlah ‘Pustakawan/Pustakawati’ Profesional yang ada di Indonesia ini. Yah, selama ini Perpustakaan-perpustakaan terutama yang berada disekolah-sekolah kebanyakan masih dikelola oleh guru-guru sekolah itu sendiri, bukan dari profesional. Guru-guru tersebut mengelola perpustakaan masih menggunakan cara-cara yang masih terbilang otodidak bukan yang secara khusus mempelajari Ilmu-ilmu tentang keperpustakaan.

Kalo aku bilang ‘Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan? Why Not?’, selama kita enjoy menjalani dan fokus berkarir dibidang itu nantinya, sah-sah saja. Jangan perdulikan orang-orang yang mencemooh/merendahkan apa yang kita jalani sekarang. Biarkan saja mereka berkata apa yang penting kita harus semangat dan gak boleh menyerah begitu aja karena omongan mereka. Tapi malah kita tunjukkan pada mereka, bahwa kita bisa dan kuliah di jurusan ini bukan sekedar ‘nyusun-nyusun buku’ tapi juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita di bidang lain. So, Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan? Why Not?😉

-Ncae-

 

12 comments

    1. aku kuliahnya di Univ. Terbuka
      Biayanya per semesternya 1.600.000 ditambah biaya perpokjar biasanya… utk D2-nya di Univ. Terbuka sepertinya sdh ditiadakan (kalau tdk salah) tapi diganti dg S1… Kalo di Univ. lain ada D3-nya kayak UI, UNAIR, dll…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s